Trafik Blog Anda Turun Drastis? Ini 4 Jawabannya Sekaligus Cara Mengatasinya

626 views

Empat Sebab Yg Membuat Traffic Blog Turun Drastis dan Cara Mengatasi-nya

Sama sepertinya halnya sebuah bisnis, dalam membangun blog pun, ada kalanya trafik yang Anda dapatkan naik, dan ada kalanya pula turun. Hal seperti ini tentu adalah hal yang wajar. Masalahnya, bagaimana kalau seandainya trafik blog Anda turun secara drastis?

Trafik blog yang naik turun memang wajar, tapi nilai trafiknya yang turun begitu banyak, bahkan sampai tinggal 50 persen, hal ini sudah menjadi tidak wajar. Kalau hal ini dialami oleh blog Anda, maka Anda wajib untuk segera cari tahu penyebabnya sehingga Anda pun bisa mencari solusi yang tepat bila ternyata ada masalah pada blog Anda.

Jangan sampai, penurunan trafik ini terjadi terus menerus dan merusak upaya yang telah Anda curahkan dalam mengelola blog ini. Perhatikan beberapa sebab sekaligus solusi yang perlu Anda tempuk ketika trafik blog Anda turun drastis.

1. Karena Efek Blog Trending atau Blog Musiman

Yang perlu Anda evaluasi terlebih dahulu adalah tentang tema yang Anda usung di blog Anda. Umumnya, tipe blog yang mengusugn tema musiman atau blog trending seringkali mengalami trafik yang anjlok ketika tidak ada lagi trending topik yang dibahasnya di dalam blog.

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

Blog musiman memang seperti buah musiman yang bisa membuat trafik melonjak tajam dalam satu waktu, dan kemudian membuatnya merosot tajam di waktu yang singkat pula. Karena tema yang diangkat sifatnya musiman, maka jumlah pengunjung pun juga akan demikian.

Solusinya :
Untuk mengatasi hal seperti ini terjadi, akan lebih baik bila Anda memilih blog yang sifatnya non-musiman. Blog khusus yang jangka panjang ini dapat membuat Anda memperoleh jumlah pengunjung yang relatif tetap tanpa bergantung pada musim atau trend yang tengah terjadi.

2. Karena Meningkatnya Volume Persaingan

Jumlah pembaca blog yang meningkat ini tentu saja menjadi hal yang menggiurkan bagi banyak orang pula. Karenanya, tak sedikit pula blog yang mulai bermunculan dengan tujuan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Karena minat para blogger ini juga ikut bertumbuh, maka volume persaingan dengan blog Anda pun juga akan meningkat. Karenanya, ada banyak blog baru yang berpotensi untuk menggeser posisi blog Anda dalam hasil pencarian Google. Hasilnya, trafik Anda pun bisa menurun drastis.

Solusinya :
Jika Anda harus menghadapi persaingan yang semakin rumit dengan para blogger lain, maka cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan mempertahankan eksistensi Anda. Caranya, posting lebih banyak artikel yang berkualitas secara teratur, bangun backlink berkualitas dan juga tingkatkan popularitas blog melalui media sosial.

3. Karena Kualitas Artikel yang Buruk

Ya, artikel atau konten adalah produk utama dari sebuah blog. Karenanya, kualitas dari sebuah artikel ini sebetulnya tidak boleh diremehkan. Search engine seperti Google bahkan menjadikan kualitas konten ini sebagai patokan utama dalam penentuan hasil pencarian.

Indikator dari kualitas suatu artikel pun terus diperbarui. Karenanya, bila kualitas artikel Anda buruk, hal ini akan sangat berefek pada trafik blog Anda. Bahkan, kualitas artikel buruk bisa menyebabkan blog Anda terkena deindex.

Solusinya :
Karena masalahnya ada pada artikel, artinya Anda harus meningkatkan kualitas dari tiap-tiap artikel yang ada di blog Anda. Artikel yang berkualitas harus orisinil, memiliki kata lebih dari 300 (Ada yang bilang 500 bahkan, 700 kata), serta kemanfaatnnya pada para pengunjung.

4. Karena Template Terlalu Sering Diganti

Anda mungkin adalah orang kreatif yang gemar mengotak-atik template. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa pergantian template berulang kali ini akan mempengaruhi peringkat blog Anda dalam hasil pencarian google.

Solusinya :
Hindari untuk mengganti template blog terlalu sering. Usahakan untuk mematangkan template blog dari awal, atau kalau memang perlu perbaikan, lakukan sekali saja. Pilih template yang SEO dan mobile friendly untuk blog Anda. Selanjutnya, daftarkan blog Anda ke #Google Webmaster Tools agar spider bot Google dapat merayapi blog saat itu juga.

Related Post

Leave a reply