Tahukan Anda? 4 Startup di Indonesia ini Menghabiskan 477 Milyar Rupiah Untuk Pasang Iklan TV

753 views

Kecanggihan teknologi masa kini memang sangat menguntungkan bagi mereka yang membangun bisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial media sebagai media penjualannya tersebut, mengapa banyak orang memilih berbisnis dengan media online? Karena mereka berpikir dengan media online tentu prosesnya lebih mudah dan hemat waktu serta biaya.

Diantara anda semua pasti tidak asing lagi dengan beberapa marketplace online atau E-Commerce seperti Tokopedia, Elevenia, OLX dan Bukalapak.

Ya, ke-empatnya seringkali muncul di televisi dalam bentuk iklan yang mempunyai durasi cukup lama, lalu apakah anda sempat berpikir berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan tersebut agar dapat eksis seperti sekarang ini? Apalagi dengan iklan yang mampu menggaet artis papan atas sebagai modelnya.

Perusahaan yang menyediakan layanan monitoring periklanan dalam TV, Adstensity baru baru ini telah mengumumkan laporan belanja iklan pada TV nasional. Dari laporan tersebut inilah terungkap beberapa startup lokal dan biaya masing-masing yang mereka keluarkan untuk dapat memasang iklannya dalam televisi nasional pada Q1.

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

Menurut laporan Adstensity yang didapat, situs marketplace yang paling banyak mengeluarkan biaya untuk iklannya adalah perusahaan Tokopedia. Tokopedia tercatat yang paling tinggi pada Q1 tahun ini yakni total belanja yang mereka keluarkan mencapai 165 milyar rupiah untuk sekitar 7.200 titik iklan.

Seperti dalam iklan yang dapat kita lihat, Tokopedia juga menggaet penyanyi cantik yakni Isyana Sarasvati sebagi model dalam iklannya tersebut.

Sedangkan peringkat kedua ditempati oleh pesaingnya, yakni perusahaan marketplace BukaLapak yang mengeluarkan biaya hingga 128milyar rupiah untuk membeli sekitar 3.200 titik iklan.

Selanjutnya pada peringkat ketiga ditempati oleh perusahaan Elevenia yang menghabiskan biaya hingga sebesar 97milyar rupiah untuk memberli sekitar 3.300 titik iklan, dan posisi ke-empat adalah OLX Indonesia yang menghabiskan sekitar 87milyar rupiah untuk 2.700 titik iklan. Wah mahal sekali bukan? padahal ke-empat perusahaan tersebut masih dalam kategori startup.

Namun dengan sejumlah dana yang fantastis tersebut masih dapat dikatakan masuk akal mengapa? Kita ambil contoh saja Tokopedia sebagai peringkat pertama.

Pada tahun 2014 lalu Tokopedia ini pernah memiliki investasi yang mencapai US $100 juta atau sekitar Rp. 1,3 triliun maka tidak heran jika perusahaan tersebut dapat menghabiskan banyak dana untuk belanja iklan lewat televisi. Karena TV sendiri merupakan media yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat.

Selanjutnya dengan marketplace yang bernama BukaLapak, situs BukaLapak sendiri pernah mendapatkan dukungan investasi yang diberikan oleh Emtek Group.

Emtek sendiri merupakan pemilik dari stasiun TV nasional yakni SCTV dan Indosiar sehingga BukaLapak mendapatkan akses untuk beriklan secara cuma-cuma pada kedua stasiun televisi.

Beralih ke e-commerce lainnya yakni Elevenia yang merupakan usaha gabungan dari perusahaan XL Axiata dan SK Planet. Kedua perusahaan operator tersebut telah memberikan investasi kepada Elevenia yang totalnya mencapai US $110 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun. Jumlah angka yang hampir sama dengan pesaingnya Tokopedia.

Sedangkan yang terakhir, yakni OLX Indonesia yang sebelumnya bernama Tokobagus dan Berniaga ini telah menjadi bagian dari perusahaan Naspers, Schibsted Media Group, Telenor Group dan Singapore Press Holding. Empat perusahaan besar inilah yang menaungi berbagai marketplace atau situs jual beli online di dunia termasuk OLX Indonesia.

Wah ke-empat perusahaan dalam kategori startup tersebut begitu sukses bukan? Lalu situs manakah yang menjadi pilihan anda?

Related Post

Leave a reply