Ketahui 3 Cara yang Tepat untuk Menentukan Niche Blog yang Sesuai untuk Anda

451 views

TIGA Tips Menentukan Niche Blog yg Tepat Buat Blogger

Dapat menjadi seorang blogger professional tentu akan sangat menyenangkan bukan? Saat ini, menjadi blogger sudah mulai diperhitungkan sebagai profesi yang menjanjikan. Meski diperlukan kerja keras untuk membangun blog yang mapan, tapi aktivitas blogging ini bisa dinikmati dengan cara yang menyenangkan pula.

Lagipula, jam kerja dan tempat kerjanya pun sangat fleksibel. Belum lagi, potensi penghasilan yang dapat dikatakan tak terhingga. Tak heran kalau saat ini mulai bermunculan lah para penggiat blog di dunia maya.

Nah, untuk menjadi seorang blogger, kamu tentu butuh banyak modal. Ya, meski bukan modal uang yang banyak, tapi kamu tetap butuh ketekunan dan kerja keras yang banyak. Selain itu, jika kamu ingin menghasilkan uang dari kegiatan blogging, kamu juga butuh modal pengetahuan tentang niche blog.

Niche blog merupakan bentuk tema khusus yang dibahas dalam satu blog. Jadi, kamu tidak boleh sembarangan juga ketika membuat blog. Monetisasi blog akan berpeluang lebih besar jika blog kamu memiliki niche yang tepat sehingga dapat menarik banyak pengunjung dan tentunya juga pengiklan.

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

Untuk dapat menentukan niche blog yang tepat terkadang memang tidak mudah. Anda butuh melakukan eksplorasi diri secara mendalam dan juga serius. Jika Anda sukses menentukan niche blog yang tepat buat Anda, maka kesuksesan sebagai seorang blogger tinggal beberapa langkah lagi.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui niche blog yang sesuai untuk Anda? Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Ketahui Topik yang Kamu Suka

Yang terpenting adalah mengetahui apa yang Anda sukai. Jadi, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah melakukan eksplorasi diri dengan memilih tema yang paling Anda sukai. Sayangnya, tak sedikit orang yang memiliki banyak hal yang disukai.

Jika Anda bingung dengan hal yang paling disuka, maka tanyakan pada diri Anda secara terus menurus tentang apa hobi, passion dan juga kegiatan yang paling sering Anda lakukan dengan perasaan yang nyaman? Jika masih ragu, coba minta bantuan orang terdekat Anda mengenai aktivitas yang paling sering Anda lakukan.

Anda harus menjawab ketiga pertanyaan tersebut dengan jawaban yang sama. Kalau Anda sudah mendapatkannya, maka itulah niche blog yang bisa Anda pilih. Ingat untuk pilih satu tema saja.

2. Ketahui Topik yang Anda Kuasai

Topik yang Anda kuasai juga bisa menjadi niche blog yang tepat untuk Anda. Untuk mengetahuinya, lakukan eksplorasi diri Anda. Kali ini, tidak boleh hanya memikirkan tema yang Anda sukai saja. Lebih dari itu, pikirkan juga topik atau tema yang memang Anda kuasai.

Penguasaan tema ini akan menjadi hal penting untuk konsistensi blog Anda selanjutnya. Ketika Anda sudah membangun blog, Anda tentu harus melakukan update konten secara berkala bukan? Bila Anda tidak menguasai topik blog Anda, maka Anda akan kesulitan sendirinya nantinya.

Belum lagi, kalau ada komentar dari pengunjung Anda terkait tema yang Anda usung. Bila Anda tak menguasainya, Anda bisa kebingungan sendiri untuk menjawabnya.

3. Tentukan Niche Blog Berdasar pada Hot Topic

Anda juga bisa memilih niche blog berdasarkan pada pangsa pasar, yakni melalui tema yang sedang hot alias hot topic. Untuk itu, kamu harus mengetahui, tema apa yang paling banyak dicari dan disukai oleh para netizen.

Hal ini biasanya jadi pilihan para blogger yang ingin cepat menghasilkan uang dari monetisasi blog. Dengan memilih topik yang banyak dicari, maka pangsa pasar yang tersedia pun akan semakin luas.

Related Post

Leave a reply