4 Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula

643 views

4 Tips Trik Bikin Web Sendiri Untuk Pemula

Cara membuat website sendiriMembuat website sendiri bagi pemula bukanlah hal yang mudah, apalagi ada banyak cara dab istilah-istilah yang pastinya akan membingungkan terutama bagi Anda yang baru saja mengenal apa itu website.

Website merupakan sebuah tempat atau layanan yang berisi sebuah informasi, gambar, video, atau artikel lainnya untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti kita ketahui, saat ini kebutuhan akan website sendiri semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi masa kini.

Apa bedanya website dengan blog? Ya, wajar saja jika banyak orang yang bertanya seperti itu. Khususnya orang yang masih pemula di bidang ini, akan bingung membedakan blog dengan website. Padahal blog itu sendiri merupakan bagian dari website.

Selain itu, website memiliki beragam fungsi dan jenis yang berbeda sesuai dengan kebutuhan sang owner atau pemilik website itu sendiri. Banyak individu atau organisasi yang memanfaatkan media website ini untuk menunjang setiap kebutuhan.

Ketika Anda ingin membuat sebuah website, tentu Anda harus familiar dengan nama atau istilah-istilah yang sering kali digunakan dalam website itu sendiri. Apalagi jika Anda membutuhkan website sebagai toko untuk menjual barang/jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

Tentunya, Anda harus benar-benar memahami apa itu website, web hosting dan lain sebagainya. Namun, dalam artikel ini kami tidak akan membahas secara detail. Karena kami akan membahas cara membuat website sendiri dengan beberapa jenis, seperti berikut ini :

1. Metode Web Programming

Metode Web Programming merupakan salah satu cara yang tergolong fleksibel. Akan tetapi, kekurangan cara membuat website dengan metode ini membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Anda juga diharuskan mempunyai pemahaman yang lebih mendetail tentang web programming ini.

Untuk membuat website dengan cara ini, Anda juga harus menguasai yang namanya PHP ataupun HTML dan sejenisnya. Nah, apabila Anda sudah memiliki kemampuan untuk membuat website melalui metode web programming ini, maka Anda bisa lebih mudah membuat beragam jenis situs atau website lainnya yang diinginkan.

2. Metode Framework

Cara yang satu ini sebenarnya kelanjutan dari cara di atas, dimana jika Anda sudah menguasai yang namanya teknik web programming maka akan mudah membuat website dengan cara yang satu ini. Selain itu, cara ini juga tergolong lebih fleksibel apabila Anda benar-benar memahami web programming tadi.

3. Metode instan

Nah, jika Anda ingin cara yang lebih murah atau gratis dengan metode tercepat, maka cara yang satu inilah yang paling tepat, yakni metode instan. Bagaimana cara membuat website dengan metode instan ini? Anda tinggal mencari situs-situs pembuatan website gratis, seperti wordpress, blogspot, idhostinger yang melayani pembuatan website secara Cuma-Cuma.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk memiliki website sendiri. Selain itu, cara yang digunakan juga tergolong lebih praktis. Namun, wajar jika fitur yang disediakan sangat terbatas karena memang Anda tak perlu membayar untuk membuatnya. Ya, situs-situs penyedia layanan website gratis ini memang terbatas pada fitur yang disediakan oleh para penyedianya saja. Jadi, Anda tidak bisa membuat website Anda memiliki fitur yang lebih.

4. Metode CMS

Apa itu CMS? CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Metode ini termasuk cara pembuatan website yang juga begitu cepat dengan tingkat fleksibilitas lebbih tinggi daripada metode instan. Di sini, Anda cukup memanfaatkan software CMS yang tersedia untuk instalasi. Anda juga bisa menginstal yang namanya add on yang terdapat pada CMS tadi. Sehingga Anda perlu menyediakan hosting ataupun nama domain yang Anda inginkan sendiri.

Nah, itulah cara membuat website sendiri dengan memakai 4 metode pembuatan website berikut kelemahan dan keunggulannya untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a reply