Cara Bikin Website Gratis dan Mudah dengan Joomla

708 views

Tips Buat Web Gratis di Joomla Dengan Mudah

Cara bikin website gratisMembuat website kini tidak lagi sulit, karena hampir setiap perusahaan, organisasi bahkan individu memiliki website untuk menunjang segala kebutuhannya.

Kebutuhan akan website dari hari ke hari memang semakin meningkat, apalagi sekarang banyak menjamur toko-toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari penjualan baju, tas, baju anak, seprei, bed cover, sepatu dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan website, maka target penjualan pun semakin menyebar hingga ke seluruh pelosok dunia.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, tentu harus mengetahui secara detail mengenai website itu sendiri. Anda juga harus memahami apa saja faktor yang dapat digunakan untuk mengembangkan website agar meningkatkan jumlah pengunjung yang mengakses website yang Anda miliki. Untuk kali ini, kita akan membagikan cara bikin website gratis melalui CMS Joomla.

Joomla merupakan salah satu aplikasi pembuatan website yang saat ini banyak dibutuhkan oleh para pemilik website untuk mengembangkan situsnya. Dengan keunggulan yang dimilikinya , tak sedikit user yang memanfaatkan CMS Joomla untuk kebutuhan websitenya itu sendiri.

Sebelum membuat website dengan menggunakan CMS Joomla, tentu Anda harus mendownload dan menginstal Joomla terlebih dahulu. Setelah mengunduhnya, Anda bisa mencoba melakukan instal CMS Joomla dengan tahapan-tahapan berikut di bawah ini :

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

1. JIka Anda ingin melakukan instalasi CMS Joomla dengan offline, maka sebaiknya Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu web server offline. Adapun web server yag dapat dimanfaatkan adalah XAMPP yang dapat Anda download sebelumnya di situs resminya. Jika memang sudah tersedia, maka Anda cukup menginstal XAMPP lalu menjalankan APache.

2. Selanjutnya adalah melakukan xtract Joomla yang telah Anda download. Dengan cara membuat sebuah folder CMS Joomla pada folder htdocs atau XAMPP sampai berbentuk amp/htdocs/joomla. Anda harus memastikan bahwa semua file berada pada folder tadi.

3. Langkah berikutnya melakukan konfigurasi dengan cara membuka browser kemudian mengaktifkan yang namanya localhost di browser sehingga akan muncul jendela atau menu yang berisi site name, opsi bahasa, desktirpsi, username, email, password dan lain-lain. Setelah muncul menu di atas, selanjutnya tinggal pilih NEXT.

4. Jika Anda selesai melakukan konfigurasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengatur database. Adapun caranya adalah dengan membuat database pada localhost melalui browser lalu ketik phpmyadmin/localhost kemudian ketik nama dari databasenya itu sendiri.

5. Jika semua database telah dibuat, maka Anda tinggal menuju instalasi di poin 3 dengan mengisi form yang tertera sesuai dengan database yang Anda buat tadi. Setelah itu, pilih NEXT.

6. Di akhir proses ini, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, jika memang semua database telah terisi dengan benar maka langkah selanjutnya adalah dengan mengakhiri proses instalasi. Setelah itu, klik instal dan CMS Joomla pun telah terinstal secara otomatis.

Setelah itu, Anda tinggal melakukan edit website Anda melalui CMS Joomla yang telah diinstal di atas. Dengan cara mengupload website atau situs Anda yang terdapat pada localhost menuju server hosting. Adapun cara untuk mengedit dan mengupload website di Joomla seperti berikut ini :

1. Pertama-tama persiapkan terlebih dahulu file database website Anda ke dalam format .sql file.

2. Setelah itu, lakukan login pada cpanel hosting, lalu pilih opsi file manager kemudian pilih folder public lalu upload file ke dalam format zip, setelah itu lakukan extract.

3. Kemudian buat database, lalu kembali lagi menuju home setelah itu pilih opsi MySQL dan buat database baru. Kemudian isi kolom username berikut passwornya. Anda bisa melakukan impor database menuju menu home kembali lalu pilih opsi phpmyadmin.

4. Pada tahap ini anda tinggal memilih database baru lalu pilih kembali impor database dengan file dalam format .sql.

5. Setelah itu edit konfigurasi dengan kembali menuju home lalu pilih file manager dan pilih opsi folder public.

Nah, itulah langkah-langkah cara bikin website gratis menggunakan joomla dengan mudah untuk dicoba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post

Leave a reply