3 Hal Penting Tracking Visitor Terhadap Bisnis Online

344 views

Kini bisnis online telah banyak dipilih para pengusaha baik dalam bentuk usaha besar maupun kecil, bisnis online dianggap sebagai lahan paling menguntungkan pasalnya mereka akan menghemat waktu dan biaya dalam proses transaksinya.

Bisnis online juga akan memudahkan mereka para calon pembeli untuk memilih apa yang mereka inginkan serta dapat membandingkan langsung harga ditempat satu dengan tempat lainnya tanpa harus keluar tenaga.

Bicara mengenai bisnis online, trafik atau jumlah pengunjung terhadap sebuah situs toko online atau blog, website yang anda kelola merupakan salah satu hal yang penting dan dapat menentukan sukses atau tidaknya bisnis online tersebut.

Dengan trafik pengunjung yang tinggi, peluang kesuksesan kita terhadap toko online tersebut pun akan semakin banyak.

Lihat Juga : 26 Daftar Web Hosting Harga Murah Berkualitas Terbaik di Indonesia Tahun 2017

Nah, dalam hal inilah tracking visitor berperan penting bagi suatu situs toko online. Untuk apa saja? Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

Mengenai pentingnya upaya tracking visitor, sekarang ini kita tidak terlalu sulit untuk menemukannya karena sudah cukup banyak yang menyediakan layanan tracking untuk suatu situs bisnis online, blog atau media sosial bisnis kita.

Layanan tracking ini dapat membantu kita untuk menunjukkan jumlah pengunjung dan selain itu, fitur tracking visitor ini akan memberikan informasi yang lebih rinci tentang asal visitor (apakah visitor tersebut berasal dari mesin pencari atau dari tautan situs web yang lain).

Lama waktu akses visitor terhadap situs kita, serta detail halaman manakah yang paling sering dikunjungi oleh visitor tersebut. Dengan hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita sebagai seseorang yang menjalankan bisnis online, dan ada 3 fungsi lainnya yaitu:

a. Dapat menemukan fokus pencarian

Fungsi yang pertama adalah adanya fitur untuk menemukan fokus pencarian terhadap visitor, maksudnya kita akan mengetahui asal mula percarian visitor tersebut berasal darimana.

Karena secara umum, sumber trafik sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu dari mesin pencari, dari tautan situs lain dan juga dari pencarian organic dengan cara memasukkan alamat situs web kita pada browser.

Setelah kita mengetahui sumber pencarian yang paling banyak digunakan oleh visitor, dari situ kita dapat menganalisa untuk lebih mengoptimalkan saluran tersebut dengan meningkatkan rank situs web kita agar kata kunci yang kita bidik semakin terdeteksi oleh mesin pencari.

b. Menjadi tolak ukur terhadap bisnis yang kita jalankan

Fungsi lainnya dari tracking visitor ini adalah kita dapat menjadikannya sebagai tolak ukur, karena kita akan dapat melihat jumlah pengunjung situs kita ini sehingga kita dapat mengetahui berpotensi atau tidak kah situs toko online yang kita kelola ini.

Dalam menganalisanya, kita harus mengecek-nya secara berkala namun dalam waktu yang agak panjang.

c. Mengetahui Minat terbanyak dari visitor

Seperti fungsi-fungsi tracking visitor sebelumnya diatas, tracking visitor ini dapat memberi tahu kita konten manakah yang paling banyak menarik perhatian pengunjung.

Dari situlah secara otomatis kita akan mengetahui minat visitor yang paling banyak adalah situs apa, lalu langkah selanjutnya kita akan membuat berbagai konten yang dibutuhkan atau sering dicari oleh para visitor tersebut untuk menaikkan trafik terhadap situs yang kita kelola ini.

Dengan berhasilnya kita memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung maka perkembangan bisnis online yang kita jalankan juga akan ikut berkembang semakin tinggi.

Jadi, sudah paham kah anda terhadap pentingnya Tracking Visitor ini? Selain menguntungkan bagi mereka yang menjalankan transaksi jual-beli online, tracking visitor juga akan menguntungkan bagi pihak ketiga seperti mereka yang menjadi media publisher.

Related Post

Leave a reply